Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Langkah Mudah untuk Membuat Cimol (Aci Diemol) yang Bikin Ngiler

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Cimol (Aci Diemol). Cibadak Mal adalah pusat pakaian bekas di Pasar Gedebage, nah kalau yang ini aci (tepung kanji) yang diemol-emol alias dibulat-bulat. Penganan ini banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dari berbagai kalangan. Makanan favorit semua jenis manusia kecuali orang lagi diet.

Cimol (Aci Diemol) Kata cimol berasal dari singkatan aci diemol. Dalam bahasa sunda memiliki artian tepung kanji yang dibulat-bulat. Aci paling enak jika dinikmati dalam eadaan yang masih hangat.

Lagi mencari inspirasi resep cimol (aci diemol) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cimol (aci diemol) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cibadak Mal adalah pusat pakaian bekas di Pasar Gedebage, nah kalau yang ini aci (tepung kanji) yang diemol-emol alias dibulat-bulat. Penganan ini banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dari berbagai kalangan. Makanan favorit semua jenis manusia kecuali orang lagi diet.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cimol (aci diemol), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cimol (aci diemol) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cimol (aci diemol) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cimol (Aci Diemol) memakai 8 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cimol (Aci Diemol):

  1. Siapkan 250 gr tepung sagu/ tapioka.
  2. Sediakan 3 sdm tepung terigu.
  3. Ambil 1/4 sdt garam.
  4. Ambil 1/4 sdt lada putih.
  5. Ambil 1/2 sdt kaldu ayam bubuk.
  6. Ambil 1 sdm bawang putih bubuk (resep asli 2 siung bawang putih uleg.
  7. Ambil 200 ml air mendidih.
  8. Ambil Minyak untuk menggoreng.

Resep lain : Cara Gampang Membuat Balado Jengkol Udang Anti Gagal

Rasa renyah dan kenyal membuat jajaanan ini semakin diminati oleh banyak orang. Cilor merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang sangat populer di kalangan. Diemol-emol itu, si adonan aci dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng tapi agak pipih, lalu digoreng dengan minyak yang banyak. Biasanya dimakan dengan taburan bumbu rasa keju atau pedas.

Langkah-langkah membuat Cimol (Aci Diemol):

  1. Campur semua bahan kering, lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, jika sudah kalis hentikan pemberian air ya..
  2. Siapkan minyak di wajan cukup banyak hingga cimol dapat terendam. Pulung2 adonan lalu celupkan di minyak (tips agar tidak meledak sebelum api menyala cimol direndam kurleb 10 menit) naah ternyata memulung cimol lumayan tricky hehe lengket banget pertama aku pulung menggunakan 2 sendok, lalu tangan, lalu sendok lagi, galau hehe senyamannya aja ya, aku pulung pake tangan yang di balur minyak (mungkin bisa juga di balur tepung ya, biar ga lengket).
  3. Saat memulung adonan, langsung rendam diminyak, jadi saat adonan terpulung semua bisa langsung ke proses menggoreng. Nyalakan api kecil, diamkan hingga cimol berkulit, goreng dengan cara ditekan2 sedikit agar cimol mengembang dan dalamnya kopong..
  4. Setelah cimol kering, mengembang, dan kecoklatan, api boleh dibesarkan (ga meledak ko tenang aja ^^), goreng bolak balik hingga cimol matang kecoklatan merata..
  5. Jika cimol sudah kering, matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. Tabur bumbu sesuai selera atau diberi cocolan sambel kacang atau saus bangkok, atau saus sambel juga pasti enakkk~ disini akutabur bumbu keju bubuk campur bon cabe.. Selamat mencoba ^^.
  6. P.s nah tadi aku ga teken2 sedikit waktu gorengnya jadi dalemnya kaya cireng ga kopong...

Cimol adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang di goreng, bentuknya bulat-bulat kecil seperti kelereng. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ada "ACI diemol-emol," atau aci di bentuk bulat dengan tangan. Di antaranya cimol (aci diemol), cilor (aci telor), cireng (aci goreng), cilung (aci digulung), dan cilok (aci dicolok). Sebagai orang Indonesia sejati, kayaknya lo perlu coba semua varian dari aci. Sama kayak gorengan, aci dijual dengan harga yang gila murahnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cimol (aci diemol) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Resep Sate Jamur Tiram Goreng, Bikin Ngiler
  • Resep Bolen isi pisang coklat dan ubi kuning Anti Gagal
  • Resep Vegetable salad alias urab yang Enak Banget
  • Cara Gampang Menyiapkan Tumis Sawi Hijau Telur Puyuh yang Sempurna
  • Cara Gampang Menyiapkan Menu Hemat Akhir Bulan (Sayur Labu Santan,Ayam Panggang, Bakwan), Enak Banget