Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Cara Gampang Membuat Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak Anti Gagal

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak. Sama lah kalo beli diluar 😄. Yuk Buat Cilor ala Jajanan Sekolah. Ternyata ada trik khusus yang membuat cimol tidak meledak ketika digoreng.

Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak Resep Cimol - Wikipedia Indonesia, cimol yang bahasa Sunda nya aci digemol adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat kecil lalu digoreng hingga kering dan kopong. Jajanan khas Bandung ini umumnya di jual di pinggir jalan dengan taburan atau topping aneka rasa yang membuat cimol semakin gurih dan kaya rasa. Fimela.com, Jakarta Cimol merupakan salah satu jajanan dari bahan tepung kanji atau tepung tapioka yang sangat populer.

Anda sedang mencari inspirasi resep cimol kopong enak ala abang2 anti meledak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cimol kopong enak ala abang2 anti meledak yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sama lah kalo beli diluar 😄. Yuk Buat Cilor ala Jajanan Sekolah. Ternyata ada trik khusus yang membuat cimol tidak meledak ketika digoreng.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cimol kopong enak ala abang2 anti meledak, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cimol kopong enak ala abang2 anti meledak enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cimol kopong enak ala abang2 anti meledak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak memakai 6 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak:

  1. Sediakan 500 gr tepung tapioka.
  2. Gunakan Secukupnya garam dan kaldu.
  3. Siapkan Secukupnya lada bubuk.
  4. Gunakan 1 sdt bawang putih bubuk/ 2 siung bawang putih yg dihaluskan.
  5. Ambil Secukupnya daun bawang, iris halus (aku ga pakai).
  6. Sediakan 500 ml air mendidih (sesuaikan, bisa kurang atau lebih).

Resep lain : Cara Gampang Membuat Udang balado ummi birrul, Menggugah Selera

Anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang menyukainya. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini Fimela sajikan lima resep cimol goreng anti meledak yang bisa langsung diikuti. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

Langkah-langkah membuat Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak:

  1. Campurkan 400 gr tapioka, garam kaldu, merica dan bawang putih, tambahkan daun bawang jika pakai. Aduk rata. Sisakan 100 gr yaa.
  2. Masukan air mendidih ke dalam tepung sedikit demi sedikit sampai tepung basah semua. Aduk rata menggunakan spatula atau centong kayu, koreksi rasa. Diamkan hingga dingin sekitar 10-20 menit.
  3. Lalu tambahkan 50 gr tapioka ke dalam adonan. Yg ga punya timbangan boleh dikira2 aja yaa. Aduk lagi sampai tercampur rata dan kalis.
  4. Bulatkan adonan. Caranya ambil segengam adonan, gulung2 memanjang seperti sosis, lalu potong2 dan bulatkan. Ini caraku, untuk membulatkan cimol bebas yaa 😁. Sebelumnya lumuri tangan dengan tepung tapioka sisa agar tangan tidak lengket.
  5. Masukan cimol kedalam minyak dingin, lalu nyalakan api. Pakai api kecil yaa biar ga meledak. Goreng cimol sambil terus diaduk agar mengembang. Goreng sampai kulitnya kering. Angkat.
  6. Taraa, cimol siap disajikan. Taburkan garam/ kaldu/ bumbu tabur selagi cimol panas. Yummmyyy 😍.
  7. Aku masih ada sisa cimol mentah, jadi aku masukan kedalam wadah kedap udara yg dialasi dan ditutup kertas baking. Simpan dikulkas. Aku rasa awet 3 harian, nanti aku update lg yaa 😄.
  8. Tips membuat cimol: 1. Jangan memakai campuran terigu. Kalau pakai dan kebanyakan nanti cimolnya ga kopong 2. Jangan sampai kekurangan air, karena jika adonan kurang air cimol tidak akan kopong dan cimol menjadi bantet, tekstur cenderung alot 3. Masukan terlebih dahulu cimol mentah kedalam minyak dingin, baru nyalakan api. Lalu goreng dengan api kecil.
  9. Update 16 april 2020: udah berkali kali bikin cimol dengan resep ini alhamdulillah selalu berhasil. Selalu stock di kulkas, kalo pengen tinggal goreng. Jika disimpan di kulkas cimol mentah bisa awet 3-7 harian yaaa. Jangan lupa sebelum disimpan taburi cimol mentah dengan tapioka sisa 😄.

Menggoreng cimol ternyata ada triknya agar tidak meledak. Resep cimol kopong anti meledak jajanan khas bandung yang kering kriuk. Beberapa orang yang pernah mencoba buat cimol, mungkin pernah mengalami cimol meledak saat digoreng. Resep dan Tips Agar Cimol Buatanmu Anti Meledak! Seram kan kalau meledak. kalau kebanyakan cimol buatanmu gak kopong kayak di tukang cimol dan justru menjadi keras.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cimol kopong enak ala abang2 anti meledak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Resep Cimol kopong yang Enak
  • Resep Botok Tahu Tempe Udang yang Enak
  • Resep RAWON Daging Sapi & Labu Siam Anti Gagal
  • Langkah Mudah untuk Menyiapkan Udang Bumbu Balado yang Enak
  • Resep Mac n' cheese yang Enak Banget