Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Resep Cimol kopong yang Menggugah Selera

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Cimol kopong. Cimol kopong anti meledak super simpel. tepung tapioka • Bumbu penyedap • Lada bubuk • Air panas. Cimol kopong yang sukses harus memiliki tekstur bagian luar renyah dan dalamnya tetap empuk serta kenyal. Sangat enak dimakan saat panas sambil dicocol saus sambal atau saus tomat.

Cimol kopong Image) Cimol adalah camilan khas Bandung terbuat dari tepung aci, kemudian digoreng. Setelah matang diberi taburan bubuk cabai. Cimol kopong anti meledak super simpel. tepung tapioka • Bumbu penyedap • Lada bubuk • Air panas.

Lagi mencari inspirasi resep cimol kopong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cimol kopong yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Cimol kopong anti meledak super simpel. tepung tapioka • Bumbu penyedap • Lada bubuk • Air panas. Cimol kopong yang sukses harus memiliki tekstur bagian luar renyah dan dalamnya tetap empuk serta kenyal. Sangat enak dimakan saat panas sambil dicocol saus sambal atau saus tomat.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cimol kopong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cimol kopong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cimol kopong yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cimol kopong memakai 7 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cimol kopong:

  1. Ambil 500 g tepung tapioka (sisihkan sekitar 100g).
  2. Sediakan 2 batang daun bawang, iris halus.
  3. Sediakan 1 sdt garam.
  4. Gunakan 1/2 sdt kaldu ayam (me halawa).
  5. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk.
  6. Siapkan 1/2 sdt bawang putih bubuk (tambahan dariku).
  7. Sediakan secukupnya Air mendidih.

Resep lain : Resep Rawon D. Sapi Anti Gagal

Resep Cimol - Wikipedia Indonesia, cimol yang bahasa Sunda nya aci digemol adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat kecil lalu digoreng hingga kering dan kopong. Jajanan khas Bandung ini umumnya di jual di pinggir jalan dengan taburan atau topping aneka rasa yang membuat cimol semakin gurih dan kaya rasa. Kita bisa mendapatkan cimol dari abang-abang penjual, tapi akan lebih memuaskan bila kita bisa membuat cimol sendiri di rumah. Untuk membuat cimol yang mulus dan bagian dalamnya kopong pun ternyata ada caranya sendiri.

Langkah-langkah membuat Cimol kopong:

  1. Siapkan air dipanci. Rebus sampai benar2 mendidih.
  2. Sembari menunggu air mendidih, campur semua bahan kecuali tepung yang disishkan.
  3. Setelah air mendidih, kecilkan aja api kompor. Ambil air di gelas lalu kucurkan sedikit demi sedikit ke campuran tepung. Caranya: Buat lubang di tengah adonan, kemudian siram dengan air mendidih sedikit. Geser sedikit, buat lubang lagi, siram air lagi, begitu seterusnya sampai semua tepung dipastikan telah terkena air panas semua. Tapi hati2 ya tuang airnya dikit2 jangan sampai kelembekan.
  4. Aduk rata. Tambahkan tepung yang disishkan tadi sesuai kebutuhan. Jika dirasa cukup (tdk keras dan tidak kelembekan, tapi masih agak lengket ya), siap dibulat2kan. Jika lengket (dan pasti lengket) balur tangan ke tepung tapioka sisa tadi.
  5. Masukkan ke minyak dingin lalu nyalakan api kecil. Jika sudah mulai terlihat buih, aduk perlahan. Jika sudah mengembang aduk2 terus hingga mengering. Angkat. Nih, hasilnya kopong..
  6. Untuk proses penggorengan ke2,ke3,dan selanjutnya, saya tdk memulai dengan minyak dingin. Setelah penggorengan pertama selesai, matikan kompor lalu langsung masukkan adonan selanjutnya. Nyalakan api kecil dan diaduk2 terus sampai matang. Alhamdulillah selamat sampai selesai walaupun ada sedikit ledakan yang tdk mengerikan. InsyaAllah aman kok..
  7. Cat: Berdasarkan pengalaman saya, penyebab cimol nggak mau kopong karena adonannya terlalu keras. Selamat mencoba Baarokallahu fiikum....

Mulai dari rasio komposisi bahan yang digunakan hingga proses menggorengnya. Resep Cimol kenyal dan kopong Ala Tukang Cimol. Resep Cimol Goreng Kopong Enak dan Kenyal. Bagi kalian penyuka jajanan pinggir jalan pasti sudah tidak asing dengan cimol. Yaps cimol merupakan jajanan khas Bandung yang disukai semua kalangan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cimol kopong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Langkah Mudah untuk Membuat Proll Tape yang Bikin Ngiler
  • Cara Gampang Menyiapkan Tumis Sawi Hijau, Jamur Tiram, dan Baso Sapi, Lezat Sekali
  • Resep Tumis Brokoli Tauge Telur yang Bikin Ngiler
  • Bagaimana Menyiapkan Pisang Goreng (simpel) Anti Gagal
  • Resep Cimol Kopong Jajanan SD Anti Gagal