Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Resep Tongseng bakso ayam, Bikin Ngiler

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Tongseng bakso ayam. Saya modifikasi sedikit karena disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Lihat juga resep Tongseng bakso ayam enak lainnya. Menu serba daging ayam bisa jadi pilihan santap sahur dan berbuka puasa yang nikmat.

Tongseng bakso ayam Tongseng ayam memiliki rasa manis-gurih yang kuat dari racikan lada, kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Berpadu dengan empuknya daging ayam, renyahnya kol, dan rasa pedas dari irisan cabe rawit. Cara membuat tongseng ayam solo: Langkah pertama yang kamu lakukan adalah fillet ayam dan ambil dagingnya.

Sedang mencari ide resep tongseng bakso ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tongseng bakso ayam yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongseng bakso ayam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan tongseng bakso ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Saya modifikasi sedikit karena disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Lihat juga resep Tongseng bakso ayam enak lainnya. Menu serba daging ayam bisa jadi pilihan santap sahur dan berbuka puasa yang nikmat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan tongseng bakso ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Tongseng bakso ayam menggunakan 23 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tongseng bakso ayam:

  1. Ambil 7 cabe rawit.
  2. Sediakan 1 ruas kunyit.
  3. Gunakan 1 ruas jahe.
  4. Gunakan 4 kemiri.
  5. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  6. Sediakan 1/4 kg bakso ayam kecil.
  7. Sediakan 1 buah tomat kecil.
  8. Gunakan 1/4 kol iris sesuai selera.
  9. Gunakan 1 batang sereh geprek.
  10. Gunakan 1 ruas jari lengkuas geprek.
  11. Ambil 2 lembar daun salam.
  12. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  13. Sediakan 1/2 batang kayu manis.
  14. Sediakan 1 sachet santan kara.
  15. Sediakan 3 sdm kecap manis.
  16. Siapkan 1 sdm gula merah.
  17. Ambil Secukupnya garam.
  18. Gunakan Secukupnya kaldu bubuk.
  19. Gunakan Secukupnya lada bubuk.
  20. Gunakan Secukupnya air.
  21. Siapkan Bumbu halus.
  22. Ambil 7 siung bawang merah.
  23. Ambil 2 siung besar bawang putih.

Resep lain : Langkah Mudah untuk Membuat Bakso ayam no tepung yang Lezat

Blender hingga halus semua bumbu-bumbunya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, Kunyit, cabai Rawit, Ketumbar, dan kemiri. Terakhir, masukkan tomat, kol, dan daun bawang, lalu masak sebentar. Setelah matang, angkat dan sajikan tongseng ayam. Itulah resep tongseng ayam yang gurih dan enak.

Cara menyiapkan Tongseng bakso ayam:

  1. Siapkan bumbu halus, dengan diulek atau di blender..
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak sayur secukupnya, kemudian tambahkan sereh, lengkuas, kayu manis, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga harum..
  3. Masukkan bakso ayam (kalo saya baksonya saya belah jadi 2, biar kelihatan banyak. Hehe...).
  4. Kemudian tambahkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih..
  5. Masukkan irisan kol dan tomat. Tambahkan garam, kecap, gula merah, kaldu bubuk dan merica bubuk sesuai selera. Masukkan santan sambil diaduk. Masak hingga mendidih. Jangan lupa cek rasa..
  6. Tongseng bakso siap disajikan. Dinikmati saat udara dingin cocok banget, insya Allah..

Sajikan dengan nasi hangat supaya lebih nikmat, ya. Baca Juga: Resep Membuat Tongseng Kambing Tanpa Santan yang Gurih dan Lezat Resep Bakso Goreng Ayam. Varian bakso selain di rebus ataupun di kukus, bisa juga dengan di goreng yang menggunakan minyak panas. Resep Bakso sapi campur ayam enak kenyal. Seperti biasa baso saya tanpa pengenyal atau baking powder.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat tongseng bakso ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rawon daging sapi khas jawa timur yang Bikin Ngiler
  • Resep Rawon buntut sapi Anti Gagal
  • Resep Tumis Sosis Sawi Hijau, Lezat Sekali
  • Resep Mac and cheese, Lezat Sekali
  • Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakso ayam saos asam manis, Enak Banget